Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Rehabilitasi Rumah

  • Arie Yandi Saputra STMIK BNJ (Bina Nusantara Jaya) Lubuk Linggau
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, rehabilitasi rumah, SAW

Abstract

Berdasarkan peraturan menteri sosial Republik Indonesia nomor 20 tahun 2017 melakukan program berupa pemberian bantuan rehab rumah bagi masyarakat miskin. Namun dalam penentuan calon penerima bantuan masih dilakukan secara subjektif seperti berdasarkan pada hubungan saudara atau kedekatan warga dengan petugas atau hal lainnya menyebabkan kecendrungan bantuan akan kurang tepat sasaran, Selain itu proses perhitungannya juga dilakukan dengan cara manual, dimana data calon penerima yang diusulkan hanya dilakukan centrang berdasarkan pada kriteria miskin, hal ini tentunya akan mengakibatkan kesulitan bagi petugas dalam menyeleksi penerima bantuan yang betul-betul layak menerima. Untuk itu, maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) kelayakan calon penerima bantuan rehab rumah untuk membantu mempermudah menentukan kelayakan calon penerima bantuan dengan cepat dan tepat dan melakukan penilaian secara objektif. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, maka kegiatan penelitian ini dimaksudkan untuk membangun sebuah aplikasi Sistem Pendukung keputusan guna mendapatkan hasil berupa rangking penerima bantuan rehabilitasi rumah. Dimana mengingat setiap calon penerima bantuan mempunyai nilai yang berbeda-beda terhadap aspek yang diinginkan berdasarkan peraturan pemerintah yang ada.

 

References

A. Y. Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Nomor Urut Caleg dengan Metode SAW,” Citec J., vol. 2, no. 2, pp. 92–101, 2015.

Dahriansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Saw Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Kantor Bpjs Kisaran ),” vol. 1, pp. 84–88, 2015.

Faisal and S. D. H. Permana, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Dan Jaringan Yang Terfavorit Dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making,” vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2015.

H. Situmorang, “Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri ( Man ) 2 Tanjung Pura Denganmenggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ),” vol. IV, no. 2, pp. 24–30, 2015.

Koswara and S. Mulyana, “Implementasi Model Komunikasi Kelompok Fasilitator Dalam Pelaksanaan Program Rutilahu Di Kota Cimahi,” pp. 199–206, 2014.

M. Elistri, J. Wahyudi, and R. Supardi, “Penerapan Metode Saw Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma,” vol. 10, no. 2, pp. 105–109, 2014.

P. RI, Permensos No.20 Tahun 2017 Tentang Rehabilitasi Rumah Tidak layak Huni dan Prasarana Lingkungan. 2017.
Published
2019-05-20