Strategi Pemasaran Tahu Pada Usaha Rumahan Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat

  • Laili Dimyati Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam
  • Yadi Maryadi Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam
  • Mastriati Hini Hermala Dewi Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam
Keywords: strategi, pemasaran, swot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada usaha tahu rumahan yang ada di Desa Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, kuesioner, dan pedoman wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode analisis kualitatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari observasi, kuesioner, dan wawancara menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Hasil penelitan dan pembahasan atas permasalahan yang ditemukan, penulis menyimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan rumahan yang ada di desa Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat masih kurang baik, hal ini karena perusahaan hanya memasarkan satu macam jenis produk saja dan juga konsumen kurang mengetahui keberadaan penjualan produk, karena tidak adanya tempat penjualan yang tetap selain di tempat industri. Adapun cara untuk memperbaiki strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha tahu rumahan yang ada di desa Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat adalah dengan menggunakan dan menentukan matriks SWOT yaitu kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Oportunity), dan ancaman (Threats) terlebih dahulu sehingga dipatkan alternatif seperti menambahkan jenis maupun ukuran dari produk yang dipasarkan dan menetapkan tempat penjualan sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang dipasarkan.

References

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Cetakan Keempatbelas. Jakarta : Rajawali Pers.
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesebelas. Bandung : Alfabeta, CV.
Buku Pedoman Skripsi STIE Lembah Dempo. 2017
Cahyadi. 2007. kandungan Gizi Tahu, Tempe, Kecap. Diambil pada tanggal 02 Januari 2017 Dari, http://Kandungan.Gizi.Tahu.Tempe.Kecap/.
Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. Edisi Kedua. Cetakan Keduapuluh Satu. Yogyakarta: BPFE.
Kusuma, Toni, Septa Raharja, dan Amiruddin Saleh. Strategi Pemasaran Sapi Potong di CV Septia Anugerah Jakarta. Jurnal Manajemen IKM, Vol. 8, No. 1. Februari 2013, Halaman 71-78
Maharani, Evi dan Dian Wulandari. Strategi Pemasaran Agroindustri Kue Bolu Di Kecamatan Kuok Kabupaten Kempar. Jurnal Agribisnis Universitas Riau, Vol. 5, No. 2. Desember 2013, Halaman 67-80.
Rahayuningsih, Ratih, I Ketut Budi Susrusa, dan Wulandira Sawitri. Strategi Pemasaran Buah di UD. Wika Mitra Desa Kerobokan Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. Vol. 2, No. 3. Juli 2013, Halaman 128-137
Sri Setiyanti, Ety, Agus Maulana, dan Idqan Fahmi. Strategi Pemasaran Produk Susu Nutrisi Enteral Klinikal. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, Vol. 6, No.2. Oktober 2009, Halaman 109-123.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kedelapan belas. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ketujuh belas. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukardono, Edi, Ma’mun Sarma, dan Komar Sumantadinata. Strategi Pemasaran Pecal Lele Cabang Pinanranti, Jakarta Timur. Jurnal Manajemen IKM. Vol.8, No.2. september 2013, Halaman 170-180.
Tjibtono, Fandi. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Revisi Keempat. Yogyakarta : ANDI.
Warino, Joko. 2011. Pengertian Dan Cara Pembuatan Tahu. Diambil pada tanggal 23 Januari 2017 Dari,
http://JokoWarino.ID/Pengertian.Dan.Cara.Pembuatan.Tahu/.
Published
2020-07-15
Section
Articles