PENGARUH KELEKATAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN PADA KLINIK YULIA ASNIATI MEDICAL CENTRE KOTA PAGAR ALAM

  • Sastra Mico STIE Lembah Dempo
  • Laily Laily ITBis Lembah Dempo
  • Herma Diana ITBis Lembah Dempo
Keywords: : Kelekatan pelanggan, Loyalitas pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pengaruh kelekatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada klinik Yulia Asniati Medical Centre Kota Pagar Alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara, observasi, dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode analisis kuantitatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari wawancara, kuesioner, dan lain-lain. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada bab sebelumnya, maka ditarik kesimpulan bahwa variabel Kelekatan pelanggan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pasien (Y) pada Klinik Yulia Asniati Medical Centre Kota Pagar Alam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data menggunakan SPSS dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan hasil nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai variabel persepsi customer bonding berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu hasil penelitian pada uji determinasi variabel Kelekatan pelanggan diperoleh hasil sebesar 47,1% terhadap loyalitas pasien sedangkan sisanya 52,9% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Assauri, Softjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Damri SM. 2018. Pengaruh Strategi Customer Bonding Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BNI (Persero) Tbk (Studi pada Nasabah Taplus Bisnis Kantor Cabang Pekanbaru). Menara Ilmu Vol. XII Jilid I No.80 Februari 2018.

Dwi Martiyanti. 2019. Hubungan Kelekatan Pelanggan dan Perilaku Keterikatan pada Merek di Media Sosial: Moderasi Gaya Kelekatan. Equilibrium Jurnal Bisnis & Akuntansi Volume XIII, No. 1 (April 2019).

Erina. 2016. Pengaruh Strategi Customer Bonding Terhadap Loyalitas Konsumen (Survey Pada Nasabah Tabungan Britama Kantor Cabang Teluk Kuantan). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis Vol. VIII. No. 2 Mei 2016.

Hurriyati, Ratih. 2016. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan. Bandung: Alfabetha.

Ida Bagus Nyoman Udayana. 2021. The important role of customer bonding capability to increase marketing performance in small and medium enterprises. Udayana et al., Cogent Business & Management (2021),

Kotler dan Keller 2018. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke – 13 di Alih Bahasakan Bob Sabran (2018), MM. Erlangga. Jakarta.

Meyrina. 2018. Pengaruh kelekatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Fish n Co Java Mall Semarang. E-Library UNNES

Naniek Kuswardhani dan Retno Budi Wahyuni. 2015. Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Topas Galeria Bandung. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis vol. 3, no. 1, 2015.

Nanang Agung Rohmandiyas. 2021. Analysis of Customer Bonding Implementation Strategy on Membership Loyalty of Parkson Centro Card at Centro Department Store the Plaza Semanggi. Budapest International esearch and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 4, No 4, November 2021.

Sasfanny. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Cleopatra Restaurant. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widyagama. Vol 24. No. 12

Schiffman, L & LL. Kanuk. 2018. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2021. Pedoman Penyusunan Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi. ITBis Lembah Dempo Pagar Alam. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Ulfah, Maria. 2019. Analisis Penerapan Strategi Customer Bonding (Mengikat Pelanggan) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Member The Face Shop PVJ Bandung. Ubharajaya Repository Vol. 62 No. 11
Section
Articles