PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJA MASYARAKAT PADA BALAI LATIHAN KERJA KOTA PAGARALAM

  • Ruaman Yudianto Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo
  • Zulaiha Zulaiha Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo
  • Herma Diana Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo
Keywords: Pelatihan, Kemampuan Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap  peningkatan kemampuan kerja pada Balai Latihan Kerja Kota Pagar Alam, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 57 responden, metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana uji T dan analisis koefisien determinasi. Dari analisis data diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 2.895 + 0,952 X. Nilai konstanta yaitu 2.895 nilai koefisien regresi pelatihan kerja mempunyai pengaruh yang positif yang berarti jika pelatihan kerja meningkat sebesar satu satuan maka peningkatan kemampuan kerja masyarakat akan meningkat sebesar 0,952 satuan. Dari analisis koefisien determinasi di ketahui bahwa pelatihan mempengaruhi peningkatan kemampuan kerja masyarakat pada Balai Latihan Kerja Kota Pagar Alam sebesar 96,8%  sementara sisanya 03,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan kerja masyarakat pada Balai Latihan Kerja Kota Pagar Alam yang dibutuhkan dari hasil uji t dimana di peroleh t sig 0,000<0,05 sehingga hipotesis diterima.

References

Aga Rizaldi. 2018. Pengaruh Metode Pelatihan dan Materi Pelatihan Terhadap Kemampuan Kerja dan Kinerja Karyawan (studi Pada Karyawan Tetap PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri).
Arini Rindy. 2015. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Study Pada Karyawan PT. Perkebunan Nusantara Pabrik Gula Djombang Baru).
Aruan Arfan. 2013. Pengaruh Pelatihan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sucofindo (Persero) Surabaya.
Endayani Fatmasari. 2015. Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kemampuan Kerja Dan Kinerja Karyawan.
Fadhil Muhammad. 2016. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Balai Latihan Kerja Industri Makasar.
Hidayat. 2017. Pelatihan Keterampilan Otomotif Untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja Di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang.
Mariono Prasetyo. 2017. Peran Dinas Tenaga Kerja dalam Menanggulangi Angka Pengangguran Di Kabupaten Minahasa.
Mawan Fitro. 2010. Revitalisasi Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja (Studi Kasu Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar).
Octaviani Murevta. 2015. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Mengikuti Pelatihan di Balai Latihan Kerja Kota Bogor.Jurnal Manajemen Vol.XIX. No. 03, September 2015 Hal : 352-373.
Prasetyo Tri. 2015. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Tembakau Djajasakti Sari Malang).
Pratama Aga. 2018. Pengaruh Metode Pelatihan dan Materi Pelatihan Terhadap Kemampuan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. Perkebunan Nusantara Pabrik Gula Kediri).
Rachmawati Fransisca. 2016. Pengaruh Pelatihan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Trias sentosa,Krian Sidoarjo.
Sugiarti. 2016. Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Padma Ardya Aktuaria Jakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ke-5 Bandung: Alfabeta.
Sulistiyani Teguh, dan Rosidah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-1 Yogyakarta. Gaya Media.
Yudha Satria. 2013. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.
Zuana Indah. 2014. Pengaruh Pelatihan Kerja dan Lingkungan Kerja Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan PT. jamsostek (Persero) Kantor Cabang Malang).
Published
2021-03-22
Section
Articles