PENGARUH KEKAYAAN DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH

  • Siska Yulia Defitri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Sindy Fetrisia Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Witra Maison Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
Keywords: Kinerja Keuangan, Kekayaan Daerah, Belanja Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kekayaan daerah, dana perimbangan, dan pengeluaran daerah terhadap kinerja keuangan Daerah di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, yaitu dari laporan keuangan kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kekayaan daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah, tetapi dana perimbangan memiliki pengaruh dan memiliki hubungan negatif dengan kinerja keuangan pemerintah daerah sedangkan pengeluaran daerah tidak berpengaruh dan positif pada kinerja keuangan pemerintah daerah. Secara keseluruhan, kinerja keuangan pemerintah daerah menunjukkan kualitas pekerjaan daerah dalam memajukan daerah mereka yang dapat diilustrasikan oleh kekayaan yang dimiliki oleh daerah, menyeimbangkan dana yang dimiliki dan belanja di daerah

References

Armaja, Ibrahim, R., & Aliamin. (2015). Pengaruh Kekayaan Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Daerah Terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Kabupaten/Kota di Aceh). Jurnal Pespektif Ekonomi Darussalam, 3(2), 168–181.

Ayuningsih, D. (2016). Pengaruh Size, Wealth, Leverage, Belanja Daerah dan Intergovernmental Revenue Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah di Jawa Tengah.

Badjra, I. B., Mustanda, I. K., & Abundanti, N. (2017). Kontribusi Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Terhadap Belanja Modal dan Kinerja Keuangan Daerah Provinsi Bali. Jurnal Akuntansi Indonesia, 6(1), 29–40.

Minarsih, R. A. (2015). Pengaruh Size, Wealth, Leverage dan Intergovernmental Revenue Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah di Jawa Tengah.

Nugroho, T. R., & Prasetyo, N. E. (2018). Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. ASSETS Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 7(1), 27–34.

Purnama, W. A. (2016). Pengaruh Komponen PAD, Leverage, dan Dana Perimbangan Terhadap Kemandirian Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung).

Putri, N. K. N. I., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh PAD dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah di Wilayah Sarbagita Provinsi Bali. E-Journal Manajemen, 8(5), 2834–2861.

Retnowati, R. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Kekayaan Daerah, Belanja Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah, Leverage dan Intergovernmental Revenue Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah.

Wafa, M. S. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah, Leverage, Dana Perimbangan, dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyuningsih, Y. E. (2016). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/ Kota di Propinsi Jawa Tengah

Published
2021-03-09
Section
Articles