Aplikasi Pengolahan Data Nilai Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang Menggunakan Metode Waterfall

  • Mariana Purba Dosen Sistem Informasi Politeknik Anika
Keywords: Aplikasi, Pengolahan Data Nilai Siswa, Microsoft Visual Basic, Waterfall

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang merupakan Sekolah Dasar dimana pembangunan dan bantuan lainnya didapat langsung dari pemerintah pusat dan pemerintah setempat. Contohnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dana ini digunakan untuk bangunan sekolah, gedung perpustakaan, ruangan unit kesehatan sekolah (UKS) dan perumahan guru.

Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang  salah satu sekolah yang menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mengolah data-data nilai siswa seperti penilaian keaktifan siswa dalam pelajaran, nilai tugas, dan nilai-nilai hasil ujian semester ganjil dan semester genap. Pengolahan data nilai siswa pada Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang ditulis langsung oleh guru masing-masing kelas. Pengolahan data tersebut masih menggunakan metode penulisan dan penjumlahan nilai secara manual dengan menggunakan kalkulator, sehingga sering mengalami kesalahan dalam penulisan dan penjumlahan nilai siswa serta perhitungan nilainya memerlukan waktu yang lama dikarenakan jumlah siswa yang banyak, satu kelas itu terdiri dari 45 siswa dan terdiri dari 12 kelas total seluruh siswa berjumlah 540 siswa sehingga hal ini tidak memungkinkan untuk mengolah data yang cepat apabila hanya menggunakan perhitungan manual atau menggunakan kalkulator. Sehubungan dengan uraian masalah di atas maka judul yang diambil oleh penulis adalah “ Aplikasi Pengolahan Data Nilai Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang Menggunakan Metode Waterfall  dan mengunakan bahasa pemrograman visual basic ,dengan harapan aplikasi ini dapat berguna dalam mengolah data nilai siswa pada Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang.

 

 

Vol 8 No 1 Juli
Published
2019-07-23