Animasi Pembelajaran pada SMP PGRI Kota Pagar Alam Berbasis Adobe Flash CS6

  • Kusnita Yusmiarti AMIK Lembah Dempo
  • Medi Triawan AMIK Lembah Dempo
Keywords: animasi, pembelajaran, adobe flash, learning

Abstract

Saat ini proses pembelajaran berbasis adobe flsash merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan khususnya pada mata pelajaran TIK, Media ini sudah sangat perlu dilaksanakan dalam dunia pendidikan saat ini. Selain itu pembelajaran berbasis adobe flsash merupakan suatu pendekatan dalam proses mengajar yang digunakan pada proses belajar mengajar agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Adapun aplikasi dalam proses pembelajaran yang dibangun ini menyajikan materi secara interaktif disertai animasi, video, teks, dan suara. Proses pembangunan aplikasi yang dilakukan dimulai dari tahap penentuan sasaran, pemilihan topik dan materi, pengumpulan data, perancangan, pembuatan dan uji coba. Adapun tujuan pengembangan aplikasi ini adalah untuk mengaplikasikan suatu media pembelajaran berbasis adobe flsash yang berupa animasi pada mata materi pelajaran di SMP PGRI Kota Pagar Alam.

 

Kusnita Yusmiarti, S,Kom., M.Kom dan Medi Triawan, S.Kom., M.Kom

References

Aries Hadi Sutopo,2012, Pengenalan Flash dan Action script. Download 15 Juni 2012 http://lecturer. ukdw.ac.id /cnuq/wpcontent/uploads/animasi/bab1.pdf
Hasrul, 2011. “Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2”. Jurnal MEDTEK, volume 3, Nomor 2.
Heni Jusuf, 2009. “Perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia”. Jurnal Artificial, ICT Research Center UNAS, volume 3, Nomor1.
Ariesto, 2003. Human Development (Perkembangan Manusia). Salemba Humanika. Jakarta.
Sri Maryati, Bambang Eka Purnama, Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
URL:http://www.youtube.com/watch ?v=Mfwnsvl1Z1Y, 4 Juni 2012.
URL: http://power.lecture.ub.ac.id/files /2011/03/Membuat-animasi-dengan Adobe-Flash-CS6-Bagian-1.pdf, 4 Juni 2012.
Jurnal Informatika
Published
2019-05-11